DISCIPLESHIP @ GKYSG


SINODE GKY

Visi Gereja Kristus Yesus adalah “Gereja yang Mulia dan Misioner”, yaitu Gereja yang menyatakan kehadiran Kerajaan Allah dan nilai-nilai-Nya di tengah dunia dalam seluruh aspek kehidupan. selengkapnya

Visi ini dihayati dan dijabarkan sebagai Gereja yang berdasarkan Alkitab, berpusat pada Kristus,    yang berdampak pada setiap aspek kehidupan untuk memuliakan Tuhan, memuridkan dan memberdayakan umat Tuhan untuk membawa kabar baik tentang Kerajaan Allah yang dapat mentransformasi hidup setiap pribadi dan masyarakat di seluruh dunia. selengkapnya

 

GKY SINGAPORE

Sebagai bagian dari Sinode GKY, GKY Singapore hendak mewujudkan visi dan misi ini dengan menjadi gereja yang menghasilkan murid (disciple-making church). Kami menyadari bahwa “pemuridan tidak terjadi semata-mata karena Gereja ada. Murid-murid Kristus dihasilkan jika ada usaha-usaha yang intensional dan strategis untuk menolong orang bertumbuh menuju kedewasaan rohani” (Goerge Barna, Growing True Disciples). Untuk itu, kami perlu merumuskan usaha-usaha yang intensional dan strategis dalam pemuridan di GKY Singapore.

Intensional berarti berarti memiliki gairah dan arah yang kuat sehingga memadukan segala usaha pembinaan untuk menghasilkan kualitas murid Kristus yang tertentu (berupa visi yang jelas).

Strategis berarti menyediakan struktur dan sarana untuk bertumbuh dari tahap ke tahap sampai terwujudnya visi profil tersebut (berupa misi yang strategis).

 

VISI

A caring community that multiplies authentic disciples.

Dua Aspek Utama:

Aspek Pemerhatian Relasional dalam Komunitas: Caring community, yaitu mewujudkan persekutuan umat Tuhan yang saling mempedulikan, memperhatikan, dan melayani kebutuhan rohani dan kebutuhan jasmani sesama.

Aspek Pemuridan Intensional pada Pribadi: Multiplies authentic-disciples, yaitu membimbing orang percaya menjadi murid Kristus yang sejati, yang juga dapat membimbing orang lain untuk menjadi murid Kristus yang memuridkan, di mana pun ia berada.

Seorang murid Kristus adalah seorang yang bertumbuh dalam segala hal ke arah Kristus, meliputi pertumbuhan (transformasi) semakin mengenal Tuhan (formasi pengajaran), semakin mengasihi Tuhan (formasi spiritual), semakin mencerminkan Tuhan (formasi karakter), dan semakin melayani Tuhan (formasi pelayanan).

Gaya hidup murid Kristus yang secara khusus ingin dibangun di dalam konteks GKY Singapore adalah:

authentic-disciple

Karakteristik Authentic Disciple:

BIBLE-BASED BELIEVER (Formasi Pengajaran)
Bertumbuh semakin memiliki kerinduan yang besar untuk mengenal Tuhan melalui Firman-Nya.
Bertumbuh semakin memiliki pemahaman dan keterampilan dalam membaca dan mempelajari Firman Tuhan.

TRUE WORSHIPPER (Formasi Spiritual)
Bertumbuh semakin memiliki kerinduan yang besar untuk mempermuliakan Tuhan dalam seluruh aspek hidup.
Bertumbuh semakin memiliki pemahaman dan keterampilan dalam ibadah pribadi maupun ibadah bersama.

LOVING BROTHER/ SISTER (Formasi Karakter)
Bertumbuh semakin memiliki kerinduan yang besar untuk mencerminkan Tuhan dengan memperhatikan kebutuhan jasmani dan rohani sesama.
Bertumbuh semakin memiliki pemahaman dan keterampilan dalam mewujudkan kasih karunia dan kekudusan dalam hidup pribadi maupun dalam hubungan dengan orang lain.

FAITHFUL WITNESS (Formasi Pelayanan)
Bertumbuh semakin memiliki kerinduan yang besar untuk melayani Tuhan dengan membawa orang-orang untuk mengenal, mencerminkan, dan memuliakan Tuhan.
Bertumbuh semakin memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memberitakan Inji, memuridkan, dan mengutus, di antara orang-orang di lingkungan terdekat maupun di antara suku-suku terabaikan.
Jika pelayanan (ministry) ini berjalan secara berkesinambungan akan menjadi sebuah kegerakan (movement). Kegerakan yang terus berjalan akan membawa transformasi pribadi, gereja, masyarakat, dan dunia.Murid Kristus yang otentik (authentic disciple) akan menghasilkan murid Kristus yang memuridkan (disciplemaking disciples).

 

MISI

To glorify God by intentionally empowering the people of God

to worship God, nurture one another, equip disciple-maker, reach the world.

Untuk dapat mencapai visi (“A caring community that multiplies authentic disciples”),

gereja perlu menggerakkan jemaat melalui suatu proses menuju tingkat komitmen yang lebih dalam,

dari tahap ke tahap, sesuai dengan misi tersebut:

misi-gkysg

Inisiatif dalam tingkat komitmen sebelumnya mendorong jemaat bergerak ke tingkat komitmen yang lebih dalam. Jemaat tidak dibiarkan komitmennya berhenti pada salah tingkat, terus didorong menuju komitmen bertumbuh (core) dan komitmen melayani (co-laborer).

 

STRATEGI

Strategi Pemerhatian Relasional dalam Komunitas (“a caring community”):

  • Keeper Group, merupakan jejaring yang meliputi seluruh jemaat untuk saling memperhatikan dan mempedulikan. Seluruh jemaat dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling C.A.R.E. (Communication, Attendance, Refreshing, Encouragement) melalui sosial media yang dapat diteruskan dalam pertemuan informal.
  • Nurture Group, merupakan basis kehidupan jemaat, yang bertemu secara teratur dalam kelompok akuntabilitas seputar disiplin rohani yang esensial dalam mengembangkan gaya hidup murid Kristus, dengan dibimbing oleh jemaat yang sudah dimuridkan di Foundation of Discipleship. Nurture Group diikuti sebelum maupun sesudah seseorang mengikuti Foundation of Discipleship.

 

Strategi Pemuridan Intensional pada Pribadi (“multiplies authentic disciple-makers”):

  • Foundation of Dicipleship (FOD), merupakan pemuridan intensional secara kelompok yang ditujukan bagi jemaat dengan tingkat komitmen “bertumbuh” (core discipleship). Peserta FOD dimuridkan secara kelompok dalam Discipleship Group. FOD diharapkan akan diikuti oleh seluruh jemaat secara bertahap.
  • School of Discipleship (SOD), merupakan pemerlengkapan dalam topik-topik terstruktur, yang dapat diikuti seluruh jemaat, ditujukan bagi jemaat dalam semua tingkat komitmen, khususnya dalam tingkat komitmen “bertumbuh”. SOD meliputi pembinaan umum (seluruh jemaat), kategorial (sesuai life-stages: students, marketplace, married-couples), dan bidang pelayanan. Pokok-pokok pembelajaran SOD dapat diikuti secara langsung (live session), melalui media (recorded audio, video), literatur (buku, artikel), atau kursus eksternal yang direkomendasikan.